Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tak sangka! Inilah siksaan neraka paling ringan.Pakaian seperti ada didunia,tapi diperbuat dari api neraka.

| August 7, 2018 | 0 Comments

Neraka adalah tempat yang diperuntukkkan bagi manusia yang melanggar perintah Allah SWT. Dijelaskan dalam Alquran dan hadist bahwa di sana, seorang hamba akan menerima balasan atas perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia.

Di neraka, siksaan akan diterima sesuai dengan dosa-dosa yang sudah diperbuat. Jika dosa yang dilakukan terhitung besar, maka besar pula siksaannya. Namun, jika dosa yang dilakukan tergolong kecil, akan mendapatkan siksaan yang ringan pula.

Namun jangan beranggapan jika hukuman kecil ini layaknya hukuman penjara di dunia. Karena siksaan paling ringan di penjara neraka boleh jadi ribuan kali sakitnya jika dibandingkan penjara dunia. Seperti apa siksa penghuni neraka yang paling ringan?

Di neraka akan ada disiksa mulai dari yang ringan sampai yang berat. Konon, mereka yang mendapatkan siksaan paling ringan saja nantinya merasa paling berat dan tidak sanggup menahannya.
Nabi Muhammad SAW hadir membawa kabar gembira dan peringatan. Kabar gembiranya adalah orang-orang soleh dan solehah nantinya akan mendapat balasan syurga. Sebaliknya, mereka yang menentang dan melanggar perintah Rabb-nya akan masuk ke dalam neraka.

Di neraka, yang ada hanyalah siksa. Tiada hari yang akan dilalui seorang manusia tanpa siksaan disana. Malaikat penjaga neraka tanpa ampun akan menyiksa manusia baik dari siksa yang berat maupun ringan. Adapun siksaan yang berat itu tetap membuat manusia begitu kesakitan.

Dari An-Nu’man bin Basyir dia berkata, “Rasulullah SAW telah bersabda, ‘Sesungguhnya siksa penghuni neraka yang paling ringan adalah seseorang yang dipakaikan sepasang terompah yang terbuat dari api hingga otaknya mendidih sebagaimana mendidihnya air yang sedang direbus”

Pada saat itu orang tersebut mengira bahwasanya dialah orang yang mendapat siksaan yang paling pedih, padahal ia adalah penghuni neraka yang paling ringan siksanya. (HR Muslim)

Meskipun dikhabarkan dengan jelas bagaimana pedihnya siksa yang akan diterima, namun tetap saja, manusia tidak takut dalam berbuat dosa. Bahkan, kadang-kala sebahagian mereka bangga sudah melanggar larangan-Nya.

Oleh yang deikian, mari jadikan setiap detiknya untuk memohon ampun atas segala dosa yang sudah diperbuat. Berdoalah saat ini selagi masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk bertaubat.

Kerana tiada doa yang paling sia-sia selain doanya para penghuni neraka. Meskipun dia sangat serius, khusuk dan sepasrah apapun doa yang sudah dilakukan, tetap tiada ampunan yang akan didapatkan.

Sumber: infoyunik.com

 

Nama-nama Neraka di dalam Islam

1. Neraka Hawiyah

Allah SWT berfirman dalam al qur’an yang ertinya :

Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (Qur’an surat Al-Qoriah : ayat 8-11)

Neraka hawiyah di peruntukkan untuk orang-orang yang saat ditimbang amalnya ternyata timbangan amal baiknya lebih ringan daripada amal buruknya. Seperti di gambarkan pada ayat di atas neraka hawiyah mempunyai api yang sangat panas.

Jika saat di dunia kita tersulut api sedikit saja, maka kita akan merasakan panas sampai kulit melepuh dan rasa sakitnya baru hilang setelah beberapa hari. Lalu bagaimana jika kita di masukkan ke dalam neraka yang sangat panas.

2. Neraka Jahim

Allah SWT berfirman dalam al qur’an yang ertinya :

Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.

Dan dikatakan kepada mereka: “Di manakah berhala-berhala yang dahulu kamu selalu menyembah (nya)

Selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri?

Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat

Dan bala tentara iblis semuanya.

(Qur’an Surat .Asy-Syu’araa :ayat 91-95)

Neraka Jahim disediakan bagi orang-orang yang sesat dengan menyekutukan Allah SWT. Mereka menyekutan Allah dengan memuja berhala-hala dari golongan jin dan manusia.

Selain itu juga diperuntukkan untuk orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, yakni manusia Islam yang berdosa. Mereka melakukan apa-apa yang menjadi laranagan Allah, Selain itu juga, orang kafir pun di masukkan ke neraka Jahim.

3. Neraka Saqar

Allah SWT berfirman dalam al qur’an yang artinya :

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab,”Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan.” (Qur’an Surat Al-Mudatsir : ayat 42 sampai 46)

Menurut ayat di atas penghuni neraka saqar mempunyai kriteria sebagai berikut :

Mereka adalah orang-orang yang selama hidup di dunia tidak mengerjakan sholat. Memang dewasa ini banyak orang yang mengaku beragama islam tetapi kebanyakan tidak pernah menjalankan sholat lima waktu bahkan ada juga yang tidak mengetahui bacaan sholat.(semoga saya tidak termasuk golongan ini).

Mereka adalah orang-orang yang tidak pula memberikan makan kepada para orang miskin, terutama mereka yang mempunyai harta berlimpah tetapi tidak peduli dengan keadaan sekelilingnya dimana terdapat banyak orang miskin yang susah untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari.

Mereka adalah orang-orang yang membicarakan yang bathil bersama orang lain yang juga membicarakannya, alangkah baiknya jika kita berbicara dengan orang lain kita membicarakan hal-hal yang baik saja serta saling memberi nasihat dalam hal kebenaran.

Mereka adalah yang mendustakan hari pembalasan, mereka terus menerus melakukan perbuatan buruk yang membuat semakin menumpuknya timbangan amal buruk mereka.

Semoga kita semua tidak termasuk golongan manusia yang mempunyai kriteria calon penghuni neraka saqar. Amin ya rabbal alamin.

4. Neraka Ladhoh, Luza

Allah SWT juga berfirman di dalam al qur’an yang artinya :

Sekali-kali tidak dapat. Sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergejolak, Yang mengelupaskan kulit kepala, Yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama). Serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya. (Al qur’an Surat Al-Ma’arij : ayat 15 sampai 18)

5. Neraka Huthamah

Allah SWT juga berfirman di dalam al qur’an yang artinya :

Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya, Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (Al qur’an surat Al-Humazah : ayat 1 sampai 9)

Setelah membaca ayat al qur’an di atas pasti anda bisa menyimpulkan siapa saja yang kelak menjadi penghuni neraka huthomah ini.

Mereka yang suka mengumpat, maksudnya orang yang suka mencela dan menjelek-jelekkan orang lain.

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di menjelaskan jika di antara sifat humazah dan lumazah yaitu hanya mengumpulkan harta saja, menghitung-hitungnya serta begitu tamak pada hartanya. Sedang mereka tidak memiliki semangat untuk menginfakkan harta mereka di jalan kebaikan atau yang lainnya.( baca juga : 12 Gambaran Siksa Neraka Yang Mengerikan Ini Akan Membuat Anda Berfikir 2 Kali Untuk Berbuat Dosa )

Sekarang tinggal bagaimana kita, apakah bisa menghentikan atau tidak hal-hal yang membuat diri kita di lemparkan ke dalam huthomah.

6. Neraka Sa’ir

Salah satu firman Allah SWT di dalam al qur’an dalam surat An-nisa ayat sepuluh yang mempunyai arti :

“Bahwasanya orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan aniaya, sesungguhnya mereka memakan api sepenuh perutnya. Dan nanti mereka akan dimasukkan kedalam api yang menyala-nyala(neraka)“.

Neraka ini diperuntukkan untuk mereka yang enggan mengeluarkan zakat atau bagi mereka yang mengeluarkan zakat namun tidak sesuai dengan nizabnya. Ingatlah saudaraku jika di dalam harta kita ada sebagian hak mereka yang membutuhkan.

7. Neraka Jahannam

Salah satu firman Allah SWT di dalam al qur’an dalam surat Al-Hijr ayat 43 yang berbunyi :

Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.

Neraka jahanam diperuntukkan oleh Allah bagi orang-orang yang durhaka kepada-Nya hingga di akhir usia mereka saat kematian datang. Bagi manusia yang selalu berbuat maksiat dan dosa tanpa bertaubat. Jahanam akan menjadi tempat kembali mereka saat hari pembalasan tiba.

Selain itu juga di sediakan bagi mereka para pengikut syetan, semoga kita semua tidak masuk ke dalam kriteria para pengikut setan agar terhindar dari api Jahannam.

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’an,

“Dan orang-orang yang kafir kepada Rabbnya, memperoleh azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (Al Qur’an Surat Al Mulk: ayat 6).

Ayat di atas menyebutkan jika jahannam merupakan seburuk-buruknya tempat untuk kembali, Oleh karena itu senantiasalah berbuat kebajikan dan meninggalkan apa yang di larang oleh Allah.

Semoga kita semua terhindar dari api Neraka dan siksaannya. Amiin ya Robbal Alamin.

Demikian sedikit pembahasan mengenai nama-nama neraka lengkap dengan penjelasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Sumber: kopi-ireng.com

PALING POPULAR BULAN INI .. JOM BACA !!

Category: Agama

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *